WordPress

Menelusuri Template dan Plugin yang Digunakan pada Mesin WordPress

Hampir sebagian besar website yang online di internet saat ini adalah menggunakan mesin WordPress (WP), termasuk blog saya ini. Ketika kita mengetahui bahwa engine yang digunakan dalam suatu web adalah WP dan menurut kita tampilan atau fitur-fiturnya cukup menarik, tidak jarang kita menjadi penasaran. Template atau plugin apa saja yang digunakan. Tidak heran mengapa WP lebih banyak diminati dibandingkan dengan Blogger. WP merupakan CMS independen yang dapat dengan leluasa diinstall dimanapun dan kapanpun, free tentunya.

WordPress Logo

Selain free, WP juga punya banyak koleksi template dan plugin. Untuk template dan plugin cukup banyak yang memiliki versi premium (berbayar), selain itu komunitas pengembangan template dan plugin WP cukup luas sehingga pengguna cenderung mudah untuk memanfaarkan template dan plugin yang telah dikembangkan komunitas diluar template dan plugin yang telah tersedia di koleksi WP.

Untuk mencari informasi terkait template atau plugin yang digunakan pada suatu mesin WP, saya biasanya melakukan beberapa hal dibawah ini. Namun tidak semua hal mendapatkan hasil, beberapa juga tidak mendapatkan hasil sama sekali karena dari developernya sudah cukup baik dalam menutupi atribut-atribut apa saja yang digunakannya dalam websitenya.

Informasi Footer

Langkah pertama kali yang saya lakukan adalah mencoba melihat informasi yang ada pada footer. Umumnya bagi pengguna WP awal keterangan footer akan tetap dibiarkan default, cenderung tidak diperhatikan untuk dirubah.

Informasi yang ada pada footer WP biasanya berisi keterangan copyright dan template yang digunakan.

Footer spi.unram.ac.id
Footer spi.unram.ac.id

 

Footer pasca.unram.ac.id
Footer pasca.unram.ac.id

 

Footer hi.unram.ac.id
Footer hi.unram.ac.id

View Source (Style CSS)

Jika dengan melihat bagian footer WP tidak membuahkan hasil, langkah selanjutnya adalah mencari informasi pada file Style CSS. Secara garis besar, struktur template WP mewajibkan template untuk memiliki setidaknya file style.css atau style.min.css. Meskipun beberapa template yang sudah advance sering melakukan kostumisasi pada struktur styling-nya.

View source fkip.unram.ac.id
View source fkip.unram.ac.id

File style.css juga berisi meta description untuk template yang bersangkutan.

Style CSS fkip.unram.ac.id
Style CSS fkip.unram.ac.id

Class Element

Jika pada style.css maish belum membuahkan hasil, langkah terakhir yang tidak ada salahnya untuk dicoba adalah dengan mencari berdasarkan class element nya. Umumnya template memiliki format penamaan class yang unik, seringkali berbeda satu sama lain.

Saat tidak memiliki informasi apapun terkait info template yang digunakan, kata kunci yang bisa digunakan untuk pencarian di mesin pencari adalah nama class element nya.

Class HTML unram.ac.id
Class HTML unram.ac.id

 

Search class HTML
Search class HTML

Tinggalkan Balasan

%d