Review layanan hosting masterweb.com

masterweb-logoPelaku bisnis dunia maya memang tidak pernah lepas dari peran penting sebuah hosting, bagaimanapun kualitas sebuah website juga ditunjang oleh performa dari hosting tempat website tersebut di-“titip”-kan. Bertahun-tahun pengalaman saya menggunakan layanan hosting yang berbeda-beda, kali ini saya akan menyinggung tentang layanan hosting dari masterweb.com. Dimana dihalaman awalnya tertulis Webhosting No. 1 di Indonesia, tapi diawal tulisan ini sy nyatakan pernyataan itu salah besar. Berikut masalah-masalah yang sering terjadi di masterweb.com :

Down sebentar, tapi sering

Suatu ketika ada teman yang menginformasikan layanan hosting ini, karena waktu itu kebetulan memang sedang mencari-cari hosting yang bagus (hosting yang lama sering down) untuk website saya maka sayapun mencoba. Hari-hari pertama terasa performa yang sangat baik dari layanan hosting ini, namun pertengahan bulan sudah mulai sering gangguan. Gangguannya tidak lama, tapi frekwensinya itu yang bikin kesel. Padahal waktu itu kita sudah pasang iklan di google untuk website tersebut.

Customer Service-nya sering tidak memahami permasalahan

Di masterweb.com ada fitur LiveChat nya, yang menjengkelkan ketika kita sudah submit untuk request, distatusnya sudah masuk dan menunggu ada representative yang menjawab, sampai kesabaran mulai menghilang juga tetap tidak ada yang menjawab. Bahkan saya pernah menghubungi via email, tapi ternyata sama saja, jarang sekali dibalas.

Web Server

Yang satu ini yang paling vital, namun banyak yang tidak menyadarinya. Beberapa website yang saya host di masterweb sering tidak tepat konfigurasi untuk web server nya seperti apache dan modul lainnya. Sebagai developer web segala fitur yang kita kembangkan pasti secara tidak langsung kita coba terlebih dahulu di server local (dengan catatan konfigurasi standar/default), namun anehnya ketika saya upload ke masterweb banyak fitur-fitur yang tidak jalan.

Contohnya masalah generate PDF (DOMPdf), gambar tidak muncul di file PDF nya, padahal di local (dan server lain setelah sy memutuskan untuk pindah) ternyata lancar jaya. Terakhir adalah masalah memcache. entah kenapa tidak diaktifkan padahal banyak sekali log error yang meminta memcache untuk diaktifkan.

Performance tidak berbanding lurus dengan harga

Dari segi harga juga relatif mahal, setidaknya jika saya bandingkan dengan layanan hosting yang pernah saya gunakan sebelumnya. Ketika awal tahu ternyata saya salah telah memasukan “harga” untuk bobot penilaian kualitas layanan

Akhirnya belum genap 2 minggu saya memutuskan untuk pindah rumah, kembali ke hosting sebelumnya, meskipun tidak mau kalah berlomba-lomba dalam memamerkan trouble dan aktifitas maintenance mereka. Intinya tidak ada layanan hosting yang benar-benar sempurna, ada saja plus minusnya, server luar maupun lokal, murah maupun mahal (apalagi gratisan?).

Kembali lagi ke administrator webnya, mau paket hemat atau paket sabar 😀

Update 16 July 2014

Terakhir akses baru sy perhatikan masalah keamanan koneksinya (ke cPanel) ternyata sertifikatnya tidak valid lagi.

Screenshot from 2014-07-16 07:45:22

Note: ini hanya testimoni dari pengalaman saya pribadi, setelah tulisan ini saya publish mungkin saja sudah ada perbaikan dan pembaruan.

17 thoughts on “Review layanan hosting masterweb.com

  1. Pingback: Master Web Network - Hosting Terbaik

  2. Pingback: Masterweb Review - Review Hosting Terbaik

  3. Pingback: Indo Website Review | Review Hosting Terbaik

  4. Kok kasusnya sama seperti saya punya.
    Memang bisa dipahami kalau sekali-sekali ‘down’, tapi ini baru 7 bulan berulang kali website saya ‘down’. Parahnya lagi pernah 2 hari website di nonaktifkan (atau disuspend) karena ada salah satu artikel yang booming dan mengundang banyak pengunjung. Padahal sebelumnya tidak ada penjelasan mengenai bandwidth berlebih atau sebagainya.
    Masalah sering down, ktika ditanya ke CS via live chat mereka jawab “Status server baik-baik saja”.

    • Kasusnya sama karena memang ada di wadah yang sama 😀
      Apapun alasannya seharusnya sebisa mungkin dijamin untuk tidak down, karena dalam hal ini kita sama-sama sedang berbisnis. Cutomer tidak akan puas dengan jawaban “Status server baik-baik saja” seperti itu, mungkin bisa disertakan data statistik status server beberapa jam/hari kebelakang.

  5. waduh sy mau nyobain tapi setelah googling nemu blog ini kayanya ga jadi dah
    kalau pengalama agak kurang enak si sy juga pernah ngalamin tapi dulu yg pake kantor & cuma buat server email aja, pas ada masalah susah banget hubunginya sampe akhirnya sy ke kantornya buat komplain langsung 🙁 untung kantor sy dulu deket ka mwn
    Ngomong2 di DO sekarang ya mas? pake yg mana ni?

  6. mwn itu serveriix cuma atu jadi kalo down…ya matee jga server us dan singapura serta eropanya lama redirek….mending beli yg murah z paket disana utk backlink aja atau tdk sama sekali…saran g utk seo web lu pake ardhosting ada 3 serveriix aksesnya cepet downnya jarang lama atau dapurhosting, dracoola juga ok..itu yg pake ip serveriix indonesia lebih dari 3…

  7. Kekecewaan Agan sama seperti kekecewaan ane.
    webite ane jg sering down, ga bisa dibuka, loading lama trus muncul pesan “Network Error”. Ane baru pakai MW* 3 bulan. 2 bulan pertama aman-aman aja dan sangat “WOW”. Tetapi, dibulan ketiga mulai dech nyebelin dan mulai menyedihkan. Ane kira mungkin krn masa tenggat pembayaran sudah mau habis, kebetulan tagihan per 3 bulan terbit, tp setelah dibayar jg tetep sering error.
    haeduhh…pusing pala koko. gmn mau menghasilkan duit kalo websitenya aja ga bisa nongol2..

    • kurang lebih ane juga memiliki pengalaman yang sama … hancur hancur hancur hatiku….

      kapok jadi customer WMN PT Master Web Network.. sungguh terlalu, kalau gak mau ngomong mengecewakan..

  8. yup, benar sekali …

    Down sebentar tapi sering … dan pas upload lagi … apes

    Tentang chat … nah itu dia yang sering bikin BT, status online tapi tidak bisa di chat ..terus dipaksa pindah via email … ehh sama saja.

    Harus telepon dulu, minta agar direspon chat nya.

    Ibarat warung dengan makanan enak dan murah tapi pelayanan kurang menyenangkan … hasilnya tetap tidak menyenangkan

    Apalagi jika banyak warung yang murah dan enak juga ….
    Semoga diperbaiki lagi pelayanan.

Tinggalkan Balasan