Akses akun email Yandex dari Gmail

Yandex mail

Yandex mail

Beberapa tahun terakhir saya kerap kali menggunakan layanan Yandex untuk keperluan host email dengan custom domain. Selain free (tentunya), fasilitas yang diberikan juga tidak kalah bagusnya dengan Gmail. Mulai dari UI/UX, security, CNAME, dan customization lainnya sejauh ini cukup memuaskan.

Hari ini saya memberikan layanan email ke tim LRsoft dengan domain @lrsoft.id, dan menggunakan Yandex sebagai mail server-nya. Punya lebih dari 1 email memiliki kendala tersendiri, agak repot jika harus membuka akun Gmail yang telah dimiliki kemudian membuka Yandex lagi untuk memeriksa email perusahaan.Untungnya kedua layanan ini memiliki fitur untuk melakukan pengecekan terhadap email dari provider lain hanya dengan mengakses 1 akun. Dalam tulisan kali ini kasusnya adalah mengakses akun Yandex melalui akun Gmail.

Konfigurasi

Sebelum memasukkan akun Yandex ke akun Gmail, perlu mengaktifkan akses POP mail dari akun Yandex. Masuk ke akun email Yandex, klik All Settings -> Email clients, selanjutnya centang semua checkbox yang ada dibawah POP3 seperti gambar berikut:

POP access Yandex mail

POP access Yandex mail

Dan klik save changes.

Selanjutnya masuk di akun Gmail, klik Settings -> Accounts -> Add a mail account. Sebuah pop-up window akan muncul, selanjutnya isi alamat email Yandex yang akan diakses.

Gmail add a mail account

Gmail add a mail account

Isi data email sesuai dengan akun dan konfigurasi Yandex.

  • Username: xx@domain.id
  • Passwordxxxx
  • POP Serverpop.yandex.com
  • Post: 995

Kemudian pada bagian bawah terdapat pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, namun yang harus dicentang adalah bagian “Always use a secure (SSL)…“.

Add mail info

Add mail info

Terakhir adalah klik tombol Add Account. Jika semua isian sudah dimasukkan dengan benar, maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah ini.

Add mail account success

Add mail account success

Pada halaman diatas terdapat 2 pilihan, yakni apakah ingin mengirimkan email juga sebagai alamat email yang telah dimasukkan atau tidak. Jika memilih Yes, maka akan diarahkan ke halaman konfigurasi selanjutnya. Tulisan kali ini hanya membahas akses akun email lain dari Gmail saja, jadi saya memilih No.

Dan terakhir tekan tombol Finish.

Coba untuk mengirimkan email ke akun Yandex, dan seharusnya ketika mengakses akun Gmail anda juga menerima email yang dikirim ke akun Yandex anda.

New mail from another account

New mail from another account

Akses

Sebagai alternatif penyesuaian zaman, dimana hampir setiap orang memiliki smartphone dengan fungsionalitas standar. Yandex telah menyediakan mobile app untuk Android dan iOS untuk dapat mengakses akun email, dengan begitu anda dapat menerima notifikasi setiap ada email yang masuk ke akun Yandex secara real time.

9 thoughts on “Akses akun email Yandex dari Gmail

  1. mas zaf saya kan make yandex ni mau veriv acc game dari wave game nah tp di yandexnya ga ada email masuk gimana cara biar ada ?

Tinggalkan Balasan