Fasilitas layanan IT mahasiswa UGM

logo-ugmHampir 1 tahun menjalani aktivitas sebagai mahasiswa UGM, banyak hal baru yang saya dapat dan pelajari. Dua diantaranya yang paling terasa adalah science dan service. Science adalah seperti universitas pada umumnya, namun lebih fokus pada research. Untuk service (terutama layanan IT) selain yang sudah dipaparkan pada pengenalan kampus diawal masuk, beberapa layanan yang waktu itu mungkin tidak disampaikan ternyata ada dan cukup menarik. 

Personal Web Blog

zafmti15.web.ugm.ac.id

zafmti15.web.ugm.ac.id

Lucunya, saya mengetahui ada layanan web blog untuk mahasiswa UGM setelah menenukan tulisan yang saya cari di-publish di blog dengan sub-domain UGM.

Informasi dan Registrasi: http://web.ugm.ac.id

Secara tidak langsung, anda akan mendapatkan domain {UGM-id}.web.ugm.ac.id. Sebagaimana domain untuk blog personal yang saya dapat: http://zafmti15.web.ugm.ac.id

Engine yang digunakan adalah WordPress dengan multisite-enabled. Sayangnya terakhir kali saya coba akses sepertinya halamannya tidak dapat load dengan sempurna.

Office 365 Account

365.ugm.ac.id

365.ugm.ac.id

Yang ini juga saya baru tahu ketika mengikuti workshop yang diadakan di perpustakaan fakultas teknik. Bagi yang sudah familiar, dari namanya bisa ditebak akun tersebut jelas dari Microsoft. UGM bekerja sama dengan Microsoft melalui Microsoft Innovation Center Yogyakarta untuk menyediakan layanan dari beberapa produk Microsoft untuk kebutuhan akademik mahasiswa, khususnya Office 365.

Informasi: http://365.ugm.ac.id (SSO UGM)

Secara tidak langsung juga anda akan mendapatkan akun email {UGM-id}@365.ugm.ac.id, sebagaimana akun email yang saya dapatkan: zaf.mti15@365.ugm.ac.id. Email tersebut bisa digunakan sebagai Microsoft ID untuk login di layanan-layanan Microsoft seperti live.com, dan lain-lain.

Layanan dari Microsoft lainnya juga mahasiswa dapat mengunduh beberapa software dan OS dari microsoft seperti Microsoft OfficeWindows 10, dan beberapa lainnya.

Informasi: DreamSpark (SSO UGM)

International Journal

Mahasiswa pascasarjana tentunya tidak asing lagi dengan situs-situs jurnal internasional seperti Scopus, IEEE, dan lain-lain. Namun tidak sedikit yang beranggapan bahwa situs tersebut hanya dapat diakses dari jaringan kampus saja (Hotspot-UGM), tapi situs-situs tersebut sebenarnya dapat diakses dari jaringan luar UGM dengan menggunakan proxy.

Daftar jurnal yang dilanggan UGM: http://ezproxy.ugm.ac.id (SSO UGM)

Tinggalkan Balasan