Android

Kalibrasi sensor proximity Xiaomi Redmi 1S

Banyak pengguna baru Xiaomi Redmi 1S yang terkejut ketika mendapati beberapa fitur seperti Pocket Protector, screen mati ketika melakukan panggilan (menelpon), dan mungkin masalah-masalah lainnya. Masalah tersebut muncul ketika smartphone nya dipasangi Screen Guard / Screen Protector / Anti Glare / nama keren lainnya dengan niat melindungi screen halus smartphone murah meriah tersebut. Masalahnya hanya ditingkat sensitivitas sensor proximiti yang ada didekat speaker depan smartphone yang tertutup oleh Screen Guard yang dipasang.

Note : Versi terakhir yang saya gunakan yakni MUI-JHCMIBH43.0

image

Selanjutnya mulai masuk ke menu Hardware Tests, terima kasih kepada Agan Ini yang telah memberikan kode akses untuk menu tersebut.

Ketik kode di menu Dial, *#*#6484#*#*
image

Setelah masuk menu Hardware Tests, pilih menu Proximity Sensor (nomor 8)
image

Selanjutnya di sub menu Proximity sensor, tap tombol Calibrate kemudian tutup bagian atas Smartphone (lokasi sensornya), tahan beberapa saat (kurang lebih 4 detik) kemudian lepaskan, jeda 4 detik lagi tutup kembali. Hal tersebut diulang beberapa (2-3) kali sampai dirasa sudah cukup kemudian tap tombol Pass.
image

Untuk sensor proximity nya sebenarnya sampai disini sudah cukup, tapi jika masih penasaran ingin mencoba Tests hardware lainnya, bisa mencoba di menu utama atau tinggal menekan tombol kembali. Setelah semua selesai tekan kembali tombol kembali, akan muncul konfirmasi pemberitahuan dan tap saja tombol OK.

Untuk mengujinya, silakan dicoba untuk mengaktifkan fitur Pocket Protector sebagaimana mestinya, atau dengan mencoba melakukan panggilan, jika screen nya tidak mati berarti sudah berhasil.

Semoga membantu,

Zaf

Posted from WordPress for Android

62 Komentar

  • aynun

    Gan, kalau xiaomi redmi note 3g dual sim.. mau masuk ke proxmity sensornya gimana?

    Bila tau kasih tau ya.
    Makasih sebelumnya

  • Indah Antero

    Gan, saya & bbrp teman yg pakai xiaomi, ada install phone tester dari playstore, ternyata semua teman saya yg pakai xiaomi redmi note 3G , 4G ataupun 2S, hasil proximity nya = FAR.
    Semestinya = NEAR kalau saya baca2 dari mbah google.

    Setelah di calibration pakai kode *#*#6484#*#* , tetap sama.
    Saya asumsi ini penyebab kenapa kalaupun dipakaikan flipcover , layar tidak bisa automatic mati jika tertutup flipcover.

    Punya pengalaman yg sama Gan pakai flipcover utk xiaomi? Thx.

    • Zaf

      Untuk proximity di Redmi 1S sebetulnya sampai saat ini tidak ada masalah, hanya terlalu sensitif saja jika saya pasangkan screen guard, untuk itu saya perlu sedikit melakukan kalibrasi.
      Saya pernah menggunakan flipcover untuk Redmi 1S dan di Redmi 1S sendiri secara default layarnya tidak bisa mati secara otomatis ketika covernya ditutup seperti halnya samsung, untuk itu saya pakai aplikasi ini untuk mendapatkan fitur2 flipcover layaknya yang ada pada Samsung.

  • arie

    gan gmn ya memperbaiki rotate auto tidak berfungsi,q pakai redmi note 3g padahal pengaturannya udah ku hidupkan tapi tetep ga bisa rotasi otomatos plis help mi

    • nanda

      Rotate gk fungsi Itu pertama beli atau setelah update miui gan?
      Soal ny hp ane jg gitu gan semenjak update miui gk bisa totate padahal pengaturan rotate/rotasi nya dah hidup

  • pian

    ..gan ppunya q redmi note 3g,,baru beli bisa rotasinya,,tapi dpt 3 hari cuma bisa searah aja..q coba cara sprti agan,,calibrate erorr gan,,mohon petunjuknya gan,,makasih sebelumya

  • Era

    Gan saya beli Xiaomi Redmi Note 3, tapi fingerprint nya gak bisa. gimana ya…apakah bisa di kalibrasi ? saya coba pake kode di atas untuk fingerprint gak ada menunya…help me gan

  • yhuga

    Browku apa ad yang tau brpaan sih harga touchscreen note 3G punya aku bagian tengah secara horosontal diameter 1cm Gak fungsi .. No respon !!!. Dan ut complain garansi apa bsa tuh .. Hx ad kertas garansinya doang pula … Nota kgak ade

  • Antonio

    Permisi. . Gan. . . ini Redmi note 2 4G ku gak bisa Autorotate untuk bbrapa apk. sperti sms menu, dan bberapa apk. lainnya, padahal sdh di setting utk auto rotate, pada beberapa apk seperti Operamini , browser, Galeri. auto rotatex mau. mohon pencerahannya. .

    • Zaf

      Autorotate tergantung sama app nya sendiri mas, kadang-kadang banyak developer yg sengaja tidak ingin agar app-nya bisa rotate (biasanya karena layoutnya tidak memungkinkan atau developer-nya yang malas). Jadi pengatuan autorotate di menu setting tidak menjamin semua app dapat rotate secara otomatis.

  • arnafi

    masbro aku punya redmi note 3g miui 6.1.8 beta kok layarnya sensitif banget ya kadang kalo kena keringat sering mencet2 sendiri .. apa penyebabnya . apa karna touchscreenya rusak ??

  • Ricgen Wijaya

    Gan, udah sy mau curhat tentang hp xiaomi sy, touchscreen nya semacam kepencet sendiri gitu, padahal sy gk mencet.. abang punya solusi utk hal trsbt gk? hp sy xiaomi mi 4. makash byk sblmnya bang 🙂

  • melina

    Gan, tau caranya gimana kalau finger printnya ngga bisa? sudah saya coba ganti add fingerprint, tp sensornya ngga main sama sekali :'(
    mohon bantuannya gan. ini buat xiaomi redmi note 3 gan

  • rio

    Gan kalau masalahnya menutio layar mudah, tapi membuka layar responnya sangat lambat. Stlah tkan tombol pwer untuk membka layaarnya tidak mau menyala, dan responnya sangan lambat. Harus di ulang puluhan kali baru mau menyala layarnya untuk unlock. Itu gmana solusinya

    • Zaf

      Sepertinya itu kebanyakan aplikasi gan, jadi berat. Atau bisa jadi ada malware yg ndak sengaja keinstall, biasanya malah nampilin iklan2 ndak jelas pak connect internet.

  • yustian

    gan, hp saya xiaomi redmi 3 ,knp saat buka apapun ketika udah ada di view, misalnya bbm, sllu kadang kepencet sendiri ke menu yang paling atas, padahal g dipencet .. di app lain juga gitu sama, sllu kepencet menu yang paling atas ..

    • Didik

      Ini terjadi karena setelah perbarui versi Miui 7.3..
      Minta sarannya gan..bagaimana caranya untuk mengembalikan versi awal…versi pabrik…makasih gan…??

      • nanda

        cara ny biar balik seperti semula.agan harus balikin rom bawaan waktu pertama beli HP.klw ane kemaren ane flashing gan pake kompi/leptop.
        Cara ny serching sama google

  • Sily

    Ho xiaomi resmi note 4g saya suka keoencet sendiri dilayarnya, gimana cara mengatasinya kak? Tolong jawabannya ya????

    • Zaf

      Mungkin maksudnya Glove mode? Kalau On layarnya jadi sensitif, karena penggunaannya untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi ketika dipasangkan screen guard

  • nona asty

    Bang kx punya aku tetep gak bisa yaaaa… panggilan masuknya tetep gak tampil di layar gimana nih ???? nunggu panggilan kerja soalnya ????????????

  • phupu

    Gan punya saya redmi note 2,kadang suka pencet pencet sendiri padahal ngga d apa2in hp’a..mohon solusinya gan..hp sya pake temple glass ap ngaruh ngga?

  • yadi

    Gimana gan cara memperbaiki touchsreen back dan home pada xiaomi note 2 prime, soalnya pas hp nya di booting ulang touchsreen jadi ga jalan yg tombol back sama home aja cuma 2. Yg lainnya normal, siapa tau ada solusinya, trims…

  • Fahri

    Gan ane udh masuk ke proximity testnya, pas di coba kan tangan ane dah ke sensornya beberapa kali value-nya bergerak/bisa, tp kok gk bisa di pencet oke ya,trus ane pencet error baru bisa keluar(tangan ane udh ke sensornya mungkin udh 100x gk bisa2) Solusi lainnya gmna ya gan? ane dah puyeng

  • Riska Oktavia

    Gan, mau nanya nih hp xiaomi redmi 1s saya ga sengaja kemasukan kartu kecil awalnya nyoba doang eh malah susah buat ngeluarin, mungkin terlalu tekan kelayar eh layarnya jadi memar, itu gimana ya? Apakah ada cara buat ngilanginnya?

  • sewa villa di puncak

    Tolong pa admin hp saya zenfone 4 ,,kalo nelpon maupun terima telp,,langsung screen mati,,ga bisa di apa2in ,,mohon solusinya

Tinggalkan Balasan