Masalah Asus Zenfone 2 ZE551ML mati total

Asus Zenfone 2 ZE551ML

Asus Zenfone 2 ZE551ML

Akhir Januari 2015 saya mendapatkan kejutan menarik dari Smartphone yang saya gunakan, Asus Zenfone 2 yang saya beli pertengahan July 2015 lalu (sekitar 6 bulan). Pas di pagi hari ketika hendak membuka aplikasi tiba-tiba HP tersebut mati, total

Batre seingat saya saat itu masih cukup untuk standby beberapa jam kedepan, namun entah kenapa tiba-tiba bisa mati seperti itu. Saya coba hidupkan namun tidak bisa menyala, hanya bergetar-getar beberapa kali. Selanjutnya saya coba charge, indikator LED yang biasanya menyala ketika di-charge tidak menyala dan layar tetap gelap, tidak muncul apa-apa. Sejak saat itu saya bisa pastikan bahwa HP tersebut mati total! Yaa.. memang sayang sekali 🙁

Cari pencerahan

Coba browsing ternyata belum banyak yang mengalami kasus serupa, kecuali post di forum ini. Si TS memiliki masalah yang sama, namun sayang belum ada yang bisa memberikan solusi. Dugaan pertama saya adalah pada batrenya, setelah saya coba tanyakan ke teman ternyata dia juga pernah mengalami HP mati secara tiba-tiba, setelah dicopot batrenya dan kemudian di-charge dengan charger external lalu dipasang, ternyata normal kembali.

Batre tidak bisa dilepas

Masalahnya Zenfone 2 ZE551ML menggunakan jenis batre yang tidak dapat dicopot langsung oleh pengguna, harus membuka beberapa sekrup dan merusak segel garansi tentunya. Beberapa saat berfikir akhirnya saya putuskan untuk membuka batre dan merusak segelnya (padahal masih 6 bulan lagi).

Batre sudah saya buka namun tidak menemukan charger yang pas, akhirnya saya pasang kembali dan charging, sayang layarnya tetap gelap, gagal -_-

Asus Service Center

Yaa sudah akhirnya bawa ke service center saja, kebetulan saya sedang di JogjaAsus Service Center di Jogja selalu penuh. Beberapa hari mencoba datang kembali juga tetap penuh, loh? masa semua pengguna Smartphone Asus pada rusak semua HP nya -_-

Sampai waktunya saya pulang kampung (libur semester), kebetulan di kota sekitaran daerah saya ada Asus Service Center dan ketika saya bawa ternyata sepi 🙂

Service Status

Service Status

Akhirnya saya ceritakan masalah yang saya alami pada CS-nya, termasuk ketika saya coba untuk melepas batrenya hingga merusak segelnya. Untungnya si mbak nya ramah, dia bilang akan coba melakukan claim garansi karena pertimbangan HP saya tidak pernah jatuh atau terendam air, dan saya kira itu masuk akal karena saya tidak membongkar penuh HP hanya layer pertama untuk membuka konektor batre saja.

Sempat menunggu beberapa hari sampai akhirnya HP saya normal kembali, dan ternyata benar yang rusak adalah Batre nya. Setelah dilakukan pergantian dan saya di-kontak untuk dapat mengambil HP saya karena sudah jadi, fully guaranteed 🙂

Tidak ada biaya sedikitpun yang saya keluarkan!

Masalah lainnya

Update 13 July 2016

Sampai saat ini setidaknya Zenfone 2 saya sudah 3x masuk service center (garansi), kerusakan yang berbeda. Saya tidak yakin apakah kerusakan-kerusakan yang muncul merupakan rembetan dari kerusakan sebelumnya, atau memang kualitas part nya yang kurang bagus. Berikut daftar kerusakan yang saya alami sejak service pertama:

Module LCD

Selang beberapa minggu setelah Zenfone 2 saya dikabarkan telah selesai diperbaiki, tiba-tiba saya merasa ada yang aneh dengan LCD nya. Satu area tidak dapat di sentuh (tap), tepatnya pada bagian atas. Tanpa pikir panjang saya langsung membawa HP tersebut ke service center lagi.

Untungnya waktu service kurang dari 2 minggu kemudian saya mendapat SMS pemberitahuan bahwa HP saya telah selesai diperbaiki. Dari nota dinyatakan bahwa module LCD diganti dengan yang baru.

Module USB

Selang beberapa hari Zenfone saya kembali berulah, kali ini fitur OTG nya tidak bekerja, terpaksa saya bawa kembali ke service center. Kurang dari 2 minggu ada SMS pemberitahuan lagi bahwa HP telah selesai diperbaiki, dari nota dinyatakan bahwa module USB telah diganti dengan yang baru juga.

Hasil kamera (video) bergaris

Masalah-masalah sebelumnya terjadi dalam rentang waktu kurang dari 1 tahun (masih masa garansi), setelah 1 tahun ternyata Zenfone 2 ini tidak pernah bosan untuk bermasalah.

Giliran kameranya yang cukup mengganjal, hasil video terlihat bergaris ketika diputar kembali (playback). Karena sudah tidak tahan, dan memang masa garansinya juga telah lewat akhirnya saya putuskan untuk menjualnya saja. Untungnya ada yang berminat, meski dijual dengan harga setengah dari harga beli baru.

Kesimpulan

Mungkin tidak semua pengguna Zenfone 2 ZE551ML yang mengalami hal serupa, harga yang murah untuk spesifikasi yang ditawarkan memang menggiurkan. Namun perlu dipertimbangkan kembali jika ingin membeli HP ini, berdasarkan masalah-masalah yang telah saya ceritakan diatas atau diskusi teman-teman lainnya yang ada pada bagian Komentar.

Jika teman-teman memiliki masalah yang hampir sama, sebaiknya jangan coba-coba untuk menjadi tukang service dadakan. Serius, sebaiknya langsung dibawa ke service center-nya. Beberapa memang memiliki pengalaman buruk terkait lambatnya proses service atau datangnya suku cadang pengganti, tapi lebih baik dibanding tidak sama sekali.

80 thoughts on “Masalah Asus Zenfone 2 ZE551ML mati total

        • Dulu yang dimintai cuma kartu garansinya, tidak dimintai kwitansi.
          Tapi beberapa teman ada yang mengatakan tidak perlu membawa kartu garansi, karena CS nya bisa ngecek status garansi dari nomor seri di dalam HP (belakang batre).

  1. Bro ane minta solusi dong hp ane rusak total dicharger sama sekali gak ngisi, trus sound rusak gak ada suara, slot sim ama slot memory gak kebaca trus gimana ya bro solusinya?

    • Wah sepertinya parah gan, coba aja bawa ke service center nya langsung. Kalau masih garansi bagian yang bermasalah akan langsung diganti dengan yang baru. Zenfone 2 4GB memang banyak masalah nya.

  2. Itu berlaku jg gak dgn Asus Zenfone 2 ZE550ML? Batrenya jg tipe yang unremoveable.

    Gue jg ngalamin. Kejadian baru hari ini. Tadi pagi masih nyala, batre juga masi diatas 80%. Selang beberapa jam emg gak maenin hp karna lagi ada urusan. Ketika mau lihat jam di hp, hp mati. Mendadak. Kasus yg sama.

    Ngeliat youtube (pakai hp adik), sebenarnya bisa diperbaiki dgn buka baut di belakang hp tapi riskan sptnya.

    Itu kasus karena overcharge baterai atau gimana ya? Lalu, apakah garansi cuma berlaku gratis kalo diperbaiki di service center ASUS yang asli?

    • Saran saya jangan dirusak dulu segel garansi yang ada pada lubang bautnya, nanti garansinya jadi tidak berlaku.
      Saya juga pernah penasaran dengan mengikuti tutorial yang ada di YouTube, membuka batre dan merusak segel garansi. Namun tetap tidak berhasil.

      Kasusnya hampir sama dengan Zenfone 2 ZE551ML, kemungkinan besar batrenya yang rusak. Sebaiknya langsung dibawa ke service center ASUS terdekat, biasanya di tiap kota ada beberapa service partner yang sudah bekerja sama dengan ASUS untuk claim garansi, googling aja gan alamatnya.

      • Oke thanks sarannya. Btw sebelum dibawa ke service center, perlu di-charge dulu gak? ya.. walaupun lampu LED indikator charging nya ga nyala sih.

  3. kak, saya juga mengalami hal yang sama saat ini, tepatnya ini yang kedua kalinya bagi saya. akhir januari lalu juga hp saya mati total, sebelumnya layarnya tegang menampilkan video yang saya tengah putar, tidak bisa dimatikan sampai batrainya habis. kemudian saya memperbaiknya ke toko tempat saya membeli, dan bisa diperbaiki, namun saya tidak sempat menanyakan alasan rusaknya.
    sekitar 1jam yang lalu, hp yang sedang saya gunakan untuk searching mati tiba-tiba, awalnya saya kira itu layar yg otomatis gelap jika tidak disentuh, atau mati tiba-tiba yg biasa (itu juga sering terjadi). ternyata setelah saya coba tahan tombol power nya tidak bisa di hidupkan lagi. saya mencoba mengisi daya namun indikator LED nya tidak menyala.
    kira-kira apakah kesalahan yang saya alami itu juga terletak pada baterai atau pada hardware nya kak?
    terimaksaih sebelumnya kak, semoga bisa dijawab 🙁

    • itu kasus pertama saya, setelah diperbaiki di service center katanya batre rusak dan sudah diganti dengan yang baru.
      Kerusakaannya memang sulit diantisipasi, sebaiknya jika memang ada kerusakan segera bawa ke service center jika garansi masih berlaku.
      Saya sendiri sudah tidak memiliki zenfone 2 tersebut, karena hawatir sewaktu2 bisa rusak lagi, ditambah dengan masa garansi yang sudah lewat 1 tahun.

  4. sy mengalami masalah yang sama, kadang tiba-tiba hp mati dan dicas tidak masuk, lampu indikator tidak menyala. hingga hari ini tia-tiba mati total… adakah solusi yang cept dan mudah, mengingat jauh dari asus service center.

    • Kemungkinan terbesar bermasalah di batre, dan sepertinya susah mbak kalau mw ganti batre sendiri, mengingat batrenya onboard (tidak bisa dilepas), itupun harus merusak segel garansi yang ada. Saran saya sebaiknya ke asus service center, meskipun jauh yang penting aman.

  5. Maaf gan saya punya masalah yg sama, hp saya juga mati total, gara2 mau copy photo di komputer pas di masukin pakr kabel data langsung mati, tp saya bingung karena saya bukan tangan pertama apa masih bisa di bawa ke service center asus nya ga yah..???

  6. Maaf gan saya punya masalah yg sama, hp saya juga mati total, gara2 mau copy photo di komputer pas di masukin pakr kabel data langsung mati, tp saya bingung karena saya bukan tangan pertama apa masih bisa di bawa ke service center asus nya ga yah..???

    • tetap bisa mas, nanti di service center dicek lagi status garansinya. kalau memang masih dalam garansi artinya gratis service, tapi kalaupun sudah lewat bisa diservice dengan biaya sesuai kerusakan. kalau mati total biasanya yang diganti batrenya

  7. Gan, ane baru beli zenfone 2 4gb sekitar 2 minggu yg lalu.
    Nah barusan nih, ane mau coba colok ke pc, batre masih penuh. Tiba2 mati, ane nyalain ga bisa, ane charger gabisa juga, Udah coba2 cari di gugel, youtube pun juga buat resolve problemnya. Ttp aja ga ketemu utk masalah yg kaya ane. Kira2 agan tau ga gimana probelm solvingnya?
    Semoga agan tau caranya hehe
    Ty gan

    • Kalau mati total kemungkinan paling besarnya ialah batre gan, batre di zenfone 2 gak bisa dicopot nyatu (disolder) dengan mesinnya. Alangkah baiknya langsung dibawa ke service center terdekat gan, dengan garansi maupun tanpa garansi tetap bisa untuk diajukan service.

  8. Wah sama gan, baru aja mati total nih. Masa garansi cuma 1 tahun ya? Sudah abis ini. Masalah sebelum mati lumayan ada beberapa sih. Pertama seperti punya agan, ada garis2 di citra video dan kadang pas ambil foto. Yang kedua speaker sudah ga keluar suaranya, jadi kudu pake headset buat multimedianya. Trus led masih tetap nyala n indikator pengisian batre masih nyala pdahal charger udah dilepas. Kalo ky gt biaya repair kira2 berapa ya gan?

    • Wah kurang tahu mas, kalau batre dulu sempat ngecek di internet sekitar 200rb-an, mungkin kalau di service center nambah dikit untuk biaya service. Tapi alangkah baiknya ditanya dulu ke service centernya, biasanya beberapa hari setelah ngajukan service (garansi maupun non garansi) ada pemberitahuan SMS mengenai kerusakan dan biayanya. Kalau mas setuju servicenya dilanjutin, dan kalaupun tidak setuju mas bisa ambil lagi HP nya.

  9. gan gmana kalau Zenfone 2 tipe ZE550ML. tercebur ke kloset tidak sampai semua hanya 1/4 bagian. apakah baiknya ditunggu beberapa jam atau dibawa ke CS terdekat ? kalau bisa sih klaim garansi

  10. dan ternyata ane ngalamin kasus kyk TS
    hp posisi lg di pke browsing kgk pnas dan kgk lg ngecharg jg tau2 mati
    ane pikir seh pling battry abis
    tp prassn td abis ane chrger.. trus ane charg aja ane tinggl mandi.. slsai mndi kok LED kgk nyala
    ane lngsung curiga ane hold power kok kgk nyala geter2 aja
    waduh galau dah
    mana udh 2thn lg ini hp udh kgk garansi
    kiri2 klo remove bttry sndri bisa idup kgk y gan… mslh ny kakak ane konter bisa servis tp kok syng
    niat ny pngn ke center tp jauh k kota sma lama ny itu

    maap curhat abis galau

    • Saya sudah coba yang copot batre, tapi karena ternyata batrenya yang rusak tetap tidak bisa ketika dipasang kembali.
      Kalau sudah lewat masa garansi, sepertinya dibawa ke konter juga tidak masalah. Setidaknya sudah ada referensi bahwa kira-kira batrenya yang bermasalah, terakhir saya cek batre untuk Zenfone 2 ini banyak dijual online.

  11. Kasus saya mirip nih gan kemarin hp istri tiba tiba mati total, gak bisa di nyalain dan waktu di charge tidak ada indicator batteray yg muncul (layar tetap gelap),tp lama lama hp sedikit panas, awalnya cuma di kantongin wktu brgkat kerja(kondisi hp habis di charge), tau tau waktu mau buka hp uda gk bisa di nyalain,.
    Bedanya Asus Zenfone Selfie Z00UDC punya istri batteray nya bisa di buka. uda di coba buka, d balikin lagi tetep aja gk mau nyala. Solusinya donk gan..

    • Mungkin bisa dicoba pakai batre yang lain, karena kasus seperti itu HP saya ketika dibawa ke service center batre nya yang KO dan hanya dilakukan penggantian batre.

  12. Iya Zenfone 2 sering error, g kayak zenfone 5 lbih bandel awetnya, aku jg 3x servis selama 11 bln. Masalah FW (Software). Baterai. Hingga LCD. Kurang 1 bln gransi. Rncana mau aku jual. -_-

  13. Masalah yang hampir sama gan.. punya saya asus zen 2 mati total gara2 habis update sistem….di cas juga indikatornya gak nyala kira2 batrenya atau apanya gan?

  14. kl lihat di service center selalu penuh dengan orang yang komplain, sy udh curiga jangan2 produk asus emang sering rusak atau emang sdh di program 1 tahun rusak, atau asus hanya bikin produk percobaan

  15. Bisa bantu ga?
    Hp sy jg zenfone 2 mana pas baru krluar sy beli stlh 1thn matot tiba2 memang kondisi hp low kebetulan mati lampu pas listrik nyala langsung cas krn sy pikir lowbet tapi pas di cas indikator led ga nyala dan ga getar.
    Kebetulan sy baru tinggal di makassar krn ga tau dan panik sy bwa ke tmpt service hp biasa sampai nunggu 3 minggu ga ad hsl krn di blg IC nya hrs di ganti dan kena biaya 650rb.
    Akhirnya sy seacrh google service center asus ada dan katanya timah di dlm ga ad dan hrs ganti mesin bkn krn batre dan kena biaya 1,5 jt perbaikannya.. Syediih 🙁

    Ada yg tau ga kira2 di jkt untuk kerusakkan bgtu sampai biaya segitu atau tdk? Dan sebaiknya gmn ya?
    Trims..

  16. gan hp saya zen max tadi kena siraman air , nah sempet hidup lalu aku matikan hp nya tapi kok malah bergetar terus ya padahal hp nya sudah saya matikan , solusi nya gan gimana , tolong bantuannya mau saya bawa ke center asus tpi kan ini kena air ,

    • Sebaiknya memang langsung dibawa ke service center dan dijelaskan kronologinya, saya sendiri kurang tahu untuk kelalaian apakah tercover garansi atau tidak. Tapi daripada rusak total jika masih ada garansi sebaiknya coba dibawa saja, kalaupun (mungkin) ada nominal yang musti dibayar yang penting HP bisa dipakai kembali.

  17. smlm aku coba taruh di beras gan dan Allhamdulillah getarannya sdh tdk ada . msih bsa hdup tpi sya putuskan untuk menaruh nya lgi di beras . menurut agan sbaiknya hp lngsung d hdupkan atau tunggu bbrpa hari lgi ya

  18. wah ternyata banyak juga yg ngalaman asus 2 ruksak (pemakaian setahun lebih), di cek asus center burangrang, yg ruksak matherboar dan biaya 2,2juta (walah) , mnending beli hape baru. saran saya juga ga usah beli hape asus,kelaut az tuh asus

  19. Gan minta sarannya doang, hp saya mati total gara gara kemasukan air, pada saat kemasukan air hp masih menyala tapi langsung saya mati kan tapi hpnya bergetar getar trus dan akhir nya saya copot batre nya dan ke esokan harinya hpnya ga hidup sama sekali

    • Saya juga kurang tau gan, tapi untuk kasus mati total dengan kerusakan batre mungkin sekitar 300rb-an, pernah ngecek harga batre sekitar 200rb-an

  20. Sama kasusnya dg asus zenfone 2 saya, beli january 2016, bulan maret udah mati total, dibawa ke service center asus, ktnya ganti mesin, tanpa biaya krn masih garansi…eh minggu lalu mati lagi, dibawa ke service center lagi, ktnya mesinnya lagi yg kena dan harus bayar 1.650.000 krn garansi sudah habis….drpd ganti mesin mending beli baru….kapok beli asus!

  21. Sama mba” dan mas” saya jg merasa kapok dan tertipu jg menyesal menggunakan ASUS ZE551ML spek nya menggiurkan tapi ternyata rongsokkan. Saya pikir hp ini bisa melengkapi hobby main game saya. Hp ini ringkih bgt, beda bgt ama merk S*m*ung yg agak kuat. Aku udh 3 kali masuk service dalam 1 thn. Service pertama karena tempat sin card ga terbaca dua2nya. Diganti gratis, beberapa bulan kemudian Waktu itu aku jg lampu Led indikator chargenya ga nyala, dibawa ke sc asus depok katanya diganti cpu, dan batrenya. Entahlah apa yg mereka lakukan apakah spare part n perbaikannya dilakukan asal2an, belum 1 bulan atau skitar 3 mingguan saat ini batre aku 10% tetep aku mainin lgsg drop alias mati. Kmudian aku charge lagi2 lampu indikatornya mati….. Apesnya saat dibawa ke service center asus depok tgl 18 feb 2017 info garansi gw udh abis di 5 februari. Gw pikir masalahnya dibatre aja, tapi bbrapa hari kmudian pihak asus gw tlp terkait status hp gw gimana. Diinfoin pengantian motherbord, cpu, dll total 2.960.000 eh busettttttt mending beli hp baru klo bgitu mah.

    Sumpah kapok beli asus, ga akan pernah tergiur lagi apapun itu. Mending beli merek yg udh langganan aja dan service centernya gak ngacooo

  22. Asus zenfone 2 gw juga matot di bawa ke sc resmi ga mau karena ktnya bukan hp resmi pdhl ada dr dirjenpostel nya, dibawa ke service luaran td ada yg bisa hidupin. Kapok deh mnding yg pasti2 saja lah….meski agak mahal..

  23. Permisi mau nanya, saya ad problem
    Jadi saat sedang buka foto pada sebuah aplikasi (sosmed), dan saat loading tiba2 layar kresek2 (abu2) kyk tv rusak, tak lama layar mati dan hp bergetar panjang (ada sekitar 1 menit bergetar sendiri), setelah getaran berhenti, kondisi hp mati (layar mati). Nah saya coba tekan tombol power nya, eh nyala layarnya tapi hanya warna hitam (lampu led tdk menyala saat kondisi mati ; layar menyala tapi hitam ; dan saat di charge). Sampai saat ini layar itu nyala terus tapi tampilannya hanya hitam saja (terang karena menyala). Pencet tombol home / layarpun tidak ada efeknya . Kira2 kenapa ya om? Kalaupun harus restart manual, caranya gimana? Karena posisi layar menyala dan hitam saja

  24. Hp asus zenfone 2 saya mengalamai masalah saat charger gan, yg biasanya charger hanya 2jam sekarang bisa sampe 7 jam lebih,kira2 ada masalah dibagian apa yahh gan? Terus mode vibrate di hp ane pun error sama sekali ga bisa bergetar. Kejadian pertama kali pas hp ane jatuh dari kasur

  25. Saya pake hape yang sama gan..

    Baru beli 2 bulan, garansi resmi.. Waktu saya mau wipe cache out saya gak sabar saya matiin… Dibawa ke sc di flash ulang..

    Waktu di sc mereka nunjukin indikator air hp saya jadi pink, katanya brrti pnh kena air tapi saya gak merasa pernah nyeburin, percikin, ato lap pake tissue basah.. Gatau kenapa kok bisa berubah gtu indikatornya, kata mereka sih gpp selama msi bisa nyala.

    Tapi semenjak itu kalo saya clear cache di settings, pasti hpnya restart.. Dan bbrp hari ini layarnya suka keteken2 sendiri kalo hpnya panas dan itu kadang sampe gak bisa dikontrol.. Kata temen saya mungkin karena chargenya, Saya pake charge bawaan terus padahal.

    Ada yang pernah punya problem sama gak gan?

    Kalo ada kira2 musti gimana ya, problem ini termasuk dalam garansi gak ya? Dan kira2 ada biaya pergantian gak ya? *garansi masih 10bulan

    Mohon pencerahan :”)

    • Halo mas david,
      Saya kira hal tersebut juga masuk dalam cakupan garansi, coba saja ajukan ke SC nya, kerusakan sekecil apapun harusnya diterima selama masih dalam garansi.

  26. Terima kasih mas.. Saya juga berpikir begitu apalagi tadi browsing2 ? mudah2an bukan krn kelalaian saya dalam pemakaian ?

  27. Kalau garansi saya sudah habis tapi hp saya kejadiannya persis kaya yg diatas ?kira2 data dan aplikasinya ada yg hilang gak pas di service ?

    • Kalau kejadiannya sama persis kemungkinannya data tidak hilang, karena yang diganti cuma batre saja (penyebab utama HP tidak bisa hidup).

  28. betul.. smartphone asus ringkih banget.. saya pake ipon 3GS dan 4S dari 2010 sampe skrg gak pernah masuk SC sampe berkali2 gini.. produk baru asus juga yang baru zenfone zoom s juga baru launching udah ada yg bermasalah kan?

    malah ada yg punya zenfone 2, lagi cas tiba2 meledak.. pnh heboh di forum asus zenfone di FB.. bukannya mau jelek2an.. cuma kyknya merk besar asus sbg produsen laptop dan komputer gak bisa jadi patokan untuk smartphonenya deh..

    • Sepertinya memang begitu, asus belum bisa fokus di produk smartphone. Saya pun mengakui telah termakan branding ?
      Awalnya saya kira hanya saya yang mengalami hal seperti ini, ternyata setelah menulis pengalaman di blog ini banyak respon dari rekan pengguna yang mengalami masalah yang sama.

  29. iya gan.. saya juga kya agan.. termakan nama besar asus, krn saya pake laptop asus gak pnh bermasalah dan saya akui bagus makanya saya beli smartphonenya juga.. ternyata oh ternyata wkwkwk..

    tapi saya pernah diskusi sama teknisi2 SC asus dan bbrp pengguna zenfone, kyknya untuk zenfone 2 yg sering bermasalah itu “kebanyakan yang 2016 keatas belinya” bukan berarti yang 2015 gak banyak hehe..

    dan sparepart asus di service center juga gak baru semua gan, jadi ada sparepart refurbish juga yg dikasih di service center.. jd mungkin permasalahan kita yg awalnya cuma 1 trus merembet kemana2 gara2 itu gan.. dan teknisi2 asus juga mengakui kualitas control smartphone asus gak sebagus laptopnya.. mereka aja jarang yg pake hp asus wkwkwk :”)

  30. kapok beli asus. pertama kali bawa ke service center karena speaker jadi krosok2. setelah service dibilang harus ganti baru. ya sudah lah saya ganti. lalu setibanya hp di rumah ternyata layarnya tergores dan berbekas. padahal gorilla glas zenofne 2 ze550ml. berhubung speaker uda bener ya udah lah biarin aja mungkin pas di tas kena gores. tiba2 masalah lain muncul yaitu touchscreen tidak berfungsi, sehingga hrus restart dulu. karena touchscreen sudah cacat saya putuskan untuk menjual. ternyata dibilang LCD sudah pernah diangkat dan bergaris putih, sekrup bagian speaker hilang satu, dan anehnya lagi IMEI di dus dan di mesin tidak cocok. tapi IMEI di baterai sama. sehingga harga jualnya yg seharusnya >1jt cuman laku 750 aja. bener2 kecewa banget. padahal saya ga pernah bawa ke servicean abal2. dan hp selalu saya yang pegang.

  31. Saya jg mengalami hal yg sama, sayangya hp saya rusak setelah masa garansi 1 thn lwt 1 minggu… Ngenes di cek dlu, kena biaya 1.9 jt.. Klo mau cancel bayar 50rb… Sepertinya asus memang produk gagal masa bnyk bgt yg komplain rusak ya…. Skrg saya sdg mencari solusi untuk membawa ke service hp non garansi. Walaupun saya sudah punya hp baru. Tetap penasaran ada apa ini hp ga hidup” hehe.. ASUS (AGAK MUDAH RUSAK)

    • Apa tidak menghawatirkan jika nanti setelah diperbaiki ternyata kembali rusak? kemungkinan besar akan ada implikasi (kerusakan pada komponen lain) yang akan terjadi dari service sebelumnya.

  32. Saya mau tanya hp sy asus zenfone 2 Tadi saya ke asikan nonton video di hp sy tanpa sy perhatikan ternyata hp saya lowbet dan mati total terus sy coba charger sudah gk bisa lampu indikatorx gk nyala dan layar nya pun juga sama hp sya cuman bergetar saat saya charger .. sy coba bawa ke tempat service hp dia bilang LCD nya harus di ganti..
    Saya mau bertanya apa benar LCD hp saya yg rusak atau ada masalah yg lain ?? Tolong di bantu..

    • Kok agak kurang masuk akal ya? Implikasi kerusakan smartphone ASUS memang susah diprediksi gan, mungkin saja yang dikatakan teknisinya memang benar.
      Tapi saran sy sebaiknya dipertimbangkan kembali kalaupun mau diservice, karena masih ada kemungkinan implikasi kerusakan lainnya.

  33. permisi mau nanya gan , hp saya zenfon 2 laser . awal nya hidup2 saja , pas batere saja abis hp saya cas , ngisi ada gambar petir nya tpi pas di nyalain cuman gambar asuz trus mati lgi . kalo keadaan di cas hp mau di nyalain tpi cuman gambar asuz trus mati lgi tpi saat gk di cas hp sama sekali gk mau idup . padahal hp nya kesayangan kali , tlong info nya donk gan

Tinggalkan Balasan