Tren Mobile Banking menggunakan Smartphone

Mobile Banking

Mobile Banking

Begitulah perkembangan teknologi, yang tidak dapat mengikuti akan terlindas olehnya. Bagi sebagian besar orang melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun memiliki keuntungan sendiri, salah satunya efisiensi waktu.

Belakangan semakin banyak orang yang telah memanfaatkan fasilitas mobile banking yang disediakan beberapa bank dalam negeri, tiga diantaranya (kebetulan BUMN) yang saya gunakan ialah mandiri, BNI, dan BRI. Saya telah menggunakan fasilitas mobile banking beberapa tahun terakhir sejak pertama kali saya memegang smartphone android pertama saya.

Namun sejak mainan android saya sempat mengalami masalah, saya pun memutuskan untuk berpaling mencoba iOS. Beberapa hari menyibukkan diri melakukan migrasi nomor dan aktivasi ulang mobile banking untuk dapat digunakan di iPhone, akhirnya sekarang sudah digunakan kembali. Berikut adalah beberapa pengalaman pribadi saya selama menggunakan layanan mobile banking dari beberapa akun bank yang saya miliki:

Mandiri Mobile

Adalah layanan mobile banking pertama yang saya gunakan ketika baru memiliki smartphone android, pas di-awal penggunaan memang sempat mendapat kendala terutama dalam hal aktivasi. Namun beberapa kali bertanya dan mencoba akhirnya bisa juga.

OTP mandiri mobile iOS

OTP mandiri mobile iOS

Secara fungsionalitas tidak ada yang berbeda, kecuali satu hal yang berbeda dari mandiri mobile versi iOS dibandingkan dengan android. Sistem OTP (one time password) pada mandiri mobile mengharuskan pengguna untuk memasukkan kode yang dikirimkan via SMS oleh server mandiri (sebelumnya harus menekan tombol minta OTP).

Secara teknis bisa dikatakan lebih aman, karena selain memasukkan PIN SMS banking kita juga harus memasukkan OTP yang hanya terkirim ke nomor terdaftar SMS banking. Namun sangat disayangkan karena fasilitas ini memotong pulsa sebagai kompensasi pengiriman OTP via SMSRp. 500,- per-SMS, cukup mahal.

BRI Mobile

BRI mobile di iOS

BRI mobile di iOS

Tidak jauh berbeda dari versi android, hampir semua fungsionalitasnya tidak ada perubahan, kecuali satu, kita tidak dapat melihat n-transaksi terakhir lagi. Mutasi rekening untuk keperluan pengecekan transaksi perbankan harus melalui versi web, padahal seingat saya versi android sebelumnya fitur tersebut masih tersedia.

Untuk biaya-biaya lainnya jangan ditanya lagi, BRI adalah bank BUMN paling BOROS. Terutama untuk transaksi yang menggunakan mesin ATM, jadi BRI mobile adalah solusi paling Hemat bagi nasabah BRI.

BNI Mobile

Yang terakhir, BNI mobile bisa dikatakan sedikit mengecewakan, karena saya sendiri belum sempat mencobanya 🙂

Bukan tanpa alasan, aturan yang diterapkan pihak BNI adalah jika ingin menggunakan fitur BNI Mobile maka nasabah harus memilih salah satu antara BNI Internet Banking atau BNI Mobile Banking, tidak bisa dua-duanya sekaligus.

Versi WEB?

Meskipun BRI menurut saya paling banyak memakan biaya, tapi layanan Internet Banking versi WEB nya saat ini lebih baik, jika dibandingkan dengan tampilan dan fitur dari Mandiri maupun BNI yang begitu begitu saja. Performa versi WEB BRI Internet Banking juga bisa dikatakan baik, dengan menu yang sudah tersusun rapi, dan sudah menggunakan teknologi front-end WEB terkini.

Tinggalkan Balasan