Sekarang ada tarif transaksi sesama nasabah BRI

Logo BRI

Awalnya sempat bingung ketika iseng-iseng liat daftar transaksi bulan ini di Bank BRI, mata saya terpaku pada beberapa detil transaksi dengan nominal debet yang relatif sama. Beberapa saat saya baru sadar ternyata itu adalah tarif untuk transaksi yang pernah saya lakukan (ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking), meskipun antara sesama nasabah BRI.

Nominalnya kisaran Rp. 250,- s/d Rp. 500,- , tergolong cukup besar jika jumlah transaksinya banyak. Tapi ini sedikit aneh karena kali pertama nya saya mengetahui ada biaya per-transaksi yang dikenakan ke nasabah meskipun melakukan transaksi dalam 1 bank yang sama.

Akhirnya saya coba-coba membandingkan sejak kapan munculnya biaya transaksi antar sesama nasabah BRI, dari pengecekan tiap bulan ternyata mulai berlakunya adalah bulan Maret 2015.

Daftar transaksi bulan Februari

Daftar transaksi bulan Februari

Daftar transaksi bulan Juni

Daftar transaksi bulan Juni

Tidak ada sosialisasi kepada nasabah

Saya pribadi cukup kecewa dengan hal ini, tidak adanya pemberitahuan atau sosialisasi kepada para nasabah tentang adanya penerapan tarif baru dalam sistem transaksi di bank BRI. Saya coba cari di website resmi milik BRI tapi tidak ada halaman tentang tarif transaksi sesama nasabah BRI. Jika seperti ini sama saja dengan mengambil uang nasabah secara diam-diam, pemerasan!

Saat ini tidak banyak yang mengetahui atau sadar dengan pemberlakuan tarif baru transaksi nasabah BRI, hanya beberapa orang yang sudah sadar dan menulis kekecewaannya pada blog mereka masing-masing.

Customer Care enggan menjawab

Sebagaimana diketahui bank BRI sendiri memiliki beberapa akun di Twitter, salah satunya @kontakBRI. Saya menanyakan prihal tarif traksaksi ini sebanyak 2 kali, namun responnya tidak memberikan informasi yang lengkap.

Tweet lainnya @kontakBRI

Tweet lainnya @kontakBRI

Tweet @kontakBRI

Tweet @kontakBRI

 

Saya tidak mengerti pertimbangan pihak BRI untuk membebankan tarif pada transaksi yang dilakukan nasabah. Jika dibandingkan dengan bank plat merah lainnya, cuma BRI yang memberikan tarif transaksi tersebut. Semakin lama akan semakin banyak orang pulang yang akan tahu, dan/atau malah menjadi keberatan, kemudian mereka berbondong-bondong untuk menutup rekening mereka di bank BRI.

Update 22 June 2015

Dua bulan sejak pemberlakuan tarif transaksi, saya coba tanyakan hal ini kepada teman saya yang kebetulan bekerja di Bank BRI. Ternyata dia juga mengatakan tidak tahu kalau ada tarif seperti itu, apakah mungkin pihak BRI sedang menyiapkan surprize dalam mengumumkan tarif baru tersebut? :3

Update 8 Februari 2016

Daftar tarif transaksi sesama nasabah BRI:

  • Transfer sesama BRI via ATM dikenakan tarif Rp. 750,- per-transaksi.
  • Transfer sesama BRI via Internet Banking atau Mobile Banking dikenakan tarif Rp. 250,- per-transaksi.
  • Notifikasi sms untuk transaksi masuk/keluar/penarikan dikenakan tarif Rp. 500,- per-SMS.

Tinggalkan Balasan