Menyingkat Alamat URL

Branding menggunakan URL sangat signifikan, meskipun tidak terlalu diperhatikan, baik membantu dalam mengingat suatu alamat website maupun untuk keperluan promosi.

Tentu, fungsi utama dari URL Shortener adalah untuk mempersingkat alamat URL yang tadinya panjang menjadi lebih singkat. Dengan membuat URL yang lebih singkat kita jadi lebih mudah untuk mendistribusikan URL tersebut, mudah diingat, mudah dikenali, dan lain sebagainya.

Unik, dan mudah diingat.

Poin ini tentu akan menjadi nilai lebih dalam hal branding. Sesuatu yang sifatnya unik akan dapat melekat di ingatan dalam jangka waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan hal yang biasa-biasa saja.

Sejauh ini saya baru menggunakan URL Shortener untuk dua keperluan, di kantor (s.lrsoft.id) dan di kampus (unr.am).

Memantau Traffic

Secara teknis, mencocokkan URL unik dengan yang sebenarnya memerlukan wadah untuk penyimpanan data. Aktivitas pencocokan ini dapat dimanfaatkan untuk merekam aktivitas lainnya, misalnya sudah berapa kali URL tersebut diakses, dari sumber mana saja URL tersebut ditemukan, dan beberpa informasi lainnya.

Traffic URL Shortener

Traffic URL Shortener

Bagi teman-teman yang fokus pada blogging, memantau traffic cukup bermanfaat karena dapat digunakan untuk melakukan optimasi konten. Misalnya jika ditemukan URL yang tingkat klik nya rendah, kita bisa fokus untuk lebih memperbaiki konten pada URL tersebut.

Aplikasi Yang Digunakan

Saat ini terdapat beberapa aplikasi open source yang dapat langsung digunakan sebagai aplikasi URL Shortener kita, salah satunya YOURLS. Jadi kita hanya membutuhkan domain dan hosting untuk membuat URL Shortener sendiri.

YOURLS screenshot

YOURLS screenshot

Tinggalkan Balasan