Review Apple iPad Pro

iPad Pro

iPad Pro

Siapa yang tidak kenal iPad, tablet fenomenal buatan Apple. iPad sendiri memiliki beberapa varian seiring keluarnya deretan rilis dari waktu ke waktu, terutama dalam hal spesifikasi. Banyak review yang sudah beredar di internet tentang iPad, baik media online maupun video review.

iPad Pro belakang

iPad Pro depan

iPad Pro belakang

iPad Pro belakang

Beberapa bulan yang lalu saya memutuskan untuk mencoba menggunakan iPad, yang versi Pro. Apa bedanya? Tidak ada perbedaan signifikan antara versi iPad biasa dengan yang versi Pro-nya, satu-satunya yang paling menonjol adalah kompatibilitas dengan Apple Pencil, dimana versi iPad biasa tidak mendukung untuk menggunakannya. Secara umum ada beberapa hal yang menurut saya cukup menarik selama menggunakan iPad ini.

Finger Gestures

Bagi pengguna MacBook tentu tidak akan asing lagi dengan finger gesture. Jika pada perangkat MacBook kita sering menggunakan gesture pada touchpad, maka pada perangkat iPad kita juga mendapat kemudahan yang sama pada touchscreen nya. Finger gesture pada iPad memudahkan kita untuk berbagai aktivitas, misalnya kembali ke homepage tanpa menekan tombol homepage, dan beberapa kombinasi gesture lainnya.

Ideal Virtual Keyboard

Ukuran fisik iPad yang cukup besar (9,7”) sangat ideal untuk mengetik menggunakan virtual keyboard. Ukuran setiap tombol yang disediakan cukup nyaman dan jarak antar tombol bisa dikatakan tidak terlalu sempit.

Keyboard Extension

Sekitar satu tahun menikmati keyboard virtual, ternyata cukup merepotkan. Meskipun layoutnya ideal untuk mengetik 10 jari, namun bagian keyboard memakan lebih hampir 50% porsi layar, sehingga pandangan tentu saja menjadi kurang luas. Iseng browsing dan melihat (dan menonton) review, ternyata ada dua kandidat kuat pilihan keyboard yang support di iPad Pro saya. Yang pertama adalah Smart Keyboard iPad Pro besutannya Apple sendiri, dan yang kedua adalah Logitech Keyboard produk dari Logitech.

Akhirnya saya terpikat dengan keyboard dari Logitech, selaih harganya lebih murah dibandingkan milik Apple ada beberapa fitur-fitur yang ada pada Logitech yang sayangnya tidak dimiliki oleh smart keyboard dari apple.

Backlight Keys

Backlight Key

Backlight Key

Sudah berasa seperti didepan MacBook dengan ciri backlight keyboard-nya. Sayang sekali Apple tidak mempertimbangkan untuk menambahkan fitur ini di keyboard extension miliknya.

Function Buttton

Fitur ini juga sayangnya tidak tersedia pada produk milik apple sendiri.

Apple Pencil Holder

Apple Pencil Holder

Apple Pencil Holder

Sederhana tapi sangat membantu bagi para pemilik Apple Pencil. Dengan begini tidak perlu lagi khawatir pencil akan tertinggal atau lupa ditaruh dimana.

Namun demikian, tetap saja ada sisi minus yang saya rasa cukup mengganjal pada Logitech keyboard. Tembem.

Logitech iPad Keyboard

Logitech iPad Keyboard

Logitech keyboard membungkus bagian belakang iPad dengan bahan yang cukup tebal, meskipun bertujuan untuk lebih melindungi iPad, namun ketika ditutup secara keseluruhan iPad akan terasa lebih gemuk.

Tinggalkan Balasan