Cara pembayaran SPP via Internet dan Mobile Banking Universitas Mataram

spp-kuliahAda kondisi ketika kita hendak ingin membayarkan SPP saudara/rekan/teman yang sedang menjalani kuliah di suatu universitas, namun karena suatu dan lain hal sangat sulit untuk datang langsung dan melakukan pembayaran secara konvensional. Di zaman serba canggih ini sudah banyak kemudahan-kemudahan yang disediakan dalam hal pembayaran, termasuk SPP kuliah.

Beberapa tahun terakhir Universitas Mataram sudah memanfaatkan sistem pembayaran akademik yang ada pada Bank Mandiri sehingga memudahkan mahasiswanya untuk melakukan pembayran SPP secara online kapanpun (dalam waktu pembayaran) dan dimanapun. Untuk melakukan pembayaran via Internet atau Mobile Banking yang perlu dipersiapkan adalah NIM beserta konversinya.

Universitas Mataram sendiri menetapkan konversi NIM menjadi hanya angka dengan aturan: A=1, B=2, C=3, … dan seterusnya. Contoh:

E1R114002 dikonversi menjadi 5118004002

Internet Banking

Internet Banking sendiri adalah layanan perbankan dimana transaksinya dilakukan pada sebuah browser (Chrome, Firefox, dll) dan membutuhkan sebuah alat yang dinamakan Token yang diberikan langsung oleh Bank Mandiri. Bagi yang belum memilikinya silakan datang langsung ke cabang Bank Mandiri terdekta untuk mengetahui prosedur dan cara penggunaannya. Bagi yang sudah memiliki atau sering bertransaksi menggunakan Internet Banking seharusnya tidak ada masalah.

Pilih Universitas

Pilih Universitas

Setelah melakukan login ke akun Internet Banking, pilih menu Bayar –> Pendidikan seperti yang muncul pada gambar diatas. Selanjutnya pilih rekening yang akan didebet, pilih universitas, dan isi nomor induk mahasiswa dengan NIM yang sudah dikonversi sebelumnya.

Detil Tagihan

Detil Tagihan

Pada halaman selanjutnya akan muncul detil tagihan yang harus dibayarkan oleh mahasiswa. Sebagai catatan Universitas Mataram saat ini menggunakan sistem degree untuk menentukan besaran SPP yang harus dibayarkan oleh tiap mahasiswa sesuai dengan ekonomi keluarga mahasiswa tersebut, sehingga besaran SPP tiap-tiap mahasiswa akan bervariasi.

Setelah dipastikan NIM dan Nama Mahasiswa yang muncul sudah benar, silakan centang checkbox yang ada pada tabel tagihan (sebelah nominal).

Proses Pembayaran

Proses Pembayaran

Terakhir adalah mahasiswa melakukan proses pembayaran dengan meng-generate dan memasukkan kode hasil generate dari alat Token. Jika semua proses berhasil, seharusnya SPP mahasiswa bersangkutan sudah dibayar. Jika masih merasa ragu apakah SPP sudah terbayarkan dapat mengulang proses pemayaran dari tahap awal, apabila pembayaran sudah diterima maka sistem akan memberitahukan bahwa SPP untuk mahasiswa tersebut sudah dibayar.

Mobile Banking

Berbeda dengan Internet Banking, Mobile Banking lebih menggunakan Smartphone untuk transaksinya. Untuk itu syarat utama melakukan transaksi dengan menggunakan Mobile Banking adalah harus sudah terdaftar sebagai pengguna SMS Banking. Silakan baca tulisan ini jika mengalami kendala dalam menggunakan Mobile Banking Mandiri.

Tahapannya hampir sama dengan Internet Banking diatas, yang pertama kali adalah masuk kedalam menu Bayar –> Pendidikan, kemudian pilih kampus tujuan dan masukkan NIM yang telah dikonversi.

Pilih Pembayaran

Pilih Pembayaran

Halaman selanjutnya yakni memastikan detil NIM dan nama mahasiswa yang akan membayar SPP serta memperhatikan besaran biayanya.

Detil Tagihan

Detil Tagihan

Terakhir adalah memasukkan PIN SMS banking yang sudah dimiliki sebelumnya, jika tidak ada kendala selama proses pembayaran seharusnya SPP mahasiswa bersangkutan sudah dibayarkan.

Demikian semoga membantu 🙂

Zaf

Tinggalkan Balasan