Mengganti Webuzo dengan CentOS Web Panel

Setelah beberapa tahun terakhir aktif menggunakan Webuzo, tiba saatnya move on kepada software lain. Kali ini tempat singgah berikutnya adalah CentOS Web Panel (CWP). CWP merupakan panel control untuk kebutuhan website pada server dengan distro CentOS.

Dengan banyaknya domain yang terdistribusi dalam beberapa server LRsoft, proses migrasi mungkin akan memakan banyak waktu. Tapi setidaknya proses ini hanya dilakukan sekali untuk jangan waktu yang panjang berikutnya.

Beberapa data yang perlu dimigrasi adalah file system, yakni semua script dan data lainnya yang berkaitan dengan sistem. Berikutnya adalah database, merupakan gudang data inti dari aplikasi atau web. Dan terakhir adalah DNS function, termasuk MX dan CNAME records.

Record MX untuk menentukan mail server yang digunakan jika layanan tersebut berada di luar server (Google, Yandex, dan lain sebagainya). Kemudian CNAME hanya merupakan alias untuk beberapa fungsionalitas address. Ada beberapa hal yang membuat saya akhirnya menjatuhkan pilihan pada CWP dibandingkan web panel lainnya.

Multiuser

Webuzo versi free sayang sekali hanya menyediakan satu user untuk mengelola keseluruhan data mulai dari database, DNS records, dan lain sebagainya. Sedangkan CWP memungkinkan setiap domain dikelola oleh masing-masing user, atau bahkan setiap user dapat memiliki dan mengelola lebih dari satu domain dan subdomain.

multiuser webuzo

Multiuser CWP

Pada CWP, beberapa operasi umum seperti autbackup, suspend, dan shell access dapat dilakukan. Hal ini tidak ditemukan pada Webuzo.

Security Options

CWP memiliki lebih banyak dan lebih user friendly opsi keamanan dibandingkan dengan Webuzo. Beberapa diantaranya yang sering saya gunakan adalah Firewall dan Mod Security.

Mod Security CWP

Mod Security CWP

Bagi anda yang perlu menerapkan perlindungan yang lebih terhadap suatu website, Mod Security adalah pilihan yang tepat. Banyak pola serangan yang secara default telah termasuk dalam paket Mod Security, sehingga kita tinggal mengaktifkannya saja.

Auto SSL

Fitur ini cukup penting dan merupakan salah satu pertimbangan kenapa saya melakukan migrasi semua website menggunakan CWP. Website jaman sekarang mulai terlihat kurang afdol jika tidak terpasang SSL (HTTPS). Lebih lagi sekarang dengan adanya Let’s Encrypt, kita bisa mendapatkan sertifikat SSL secara cuma-cuma.

Auto SSL CWP

Auto SSL CWP

Jika sebelumnya pada Webuzo setiap domain saya harus menggenerate secara manual SSL, baru kemudian di-copy-paste kan untuk masing-masing domain. Itupun saya harus lakukan setiap tiga bulan sekali. Pada CWP hanya tinggal klik-klik saja, sertifikat sudah dapat terinstal dan autorenew.

FREEmium

CWP memang free, namun juga tetap memiliki versi pro dengan beberapa keuntungan. Versi pro juga dapat membantu finansial para developer CWP.

CWP Pro

CWP Pro

Sejauh ini saya sudah cukup puas dengan semua fitur yang dimiliki versi free, semua kebutuhan untuk mengelola website di server tidak mengalami kendala yang berarti.

Tinggalkan Balasan