Coretan,  Programming

Mengirm pesan WhatsApp ke kontak yang belum disimpan

WhatsApp web akhir-akhir ini menjadi fasilitas favorit saya untuk berkomunikasi melalui aplikasi WA. Meskipun WA sesungguhnya dirancang untuk mobile, namun dalam hal mengetik text pesan keyboard fisik tetap juara dibandingkan virtual keyboard pada smartphone.

Satu fitur yang saya rasa penting namun belum ada di WA adalah mengirim pesan kepada nomor yang belum tersimpan dalam kontak kita, baik untuk versi mobile maupun web. Mungkin sudah menjadi prinsip dari WA untuk tidak mengizinkan hal tersebut, namun bagi sebagian orang justru fitur tersebut akan sangat bermanfaat.

Buat pesan baru WA
Buat pesan baru WA

Pertanyaan serupa telah ditanyakan seseorang di Quora, dan mendapat beberapa pilihan jawaban sebagai alternativ-nya. Namun trik tersebut kembali mengacu pada spesifikasi dan OS yang digunakan, dalam hal ini saya mencoba di Xiaomi Redmi 5 tidak berhasil sesuai dengan yang diharapkan.

WA dari nomor baru
WA dari nomor baru

Nomor Baru WhatsApp

Sebelum mengganti nomor pribadi di SaldoPayPal.id dengan nomor terpisah, saya sering kali mendapat pesan dari nomor baru. Pesan dari nomor baru tersebut terus masuk dan menenggelamkan pesan WA penting dari kerabat atau rekan-rekan pribadi saya.

Sejak itu saya memutuskan untuk mengganti nomor untuk SaldoPayPal.id dengan nomor baru. Namun ada masalah baru yang saya hadapi, sebagian besar pelanggan masih menggunakan nomor pribadi saya untuk melakukan pemesanan, sehingga saya perlu copy-paste nomor tersebut untuk mengirimkan balasan dari nomor WA yang baru.

WA saat ini tidak memiliki fasilitas untuk kebutuhan tersebut.

Chrome Extension

Untungnya WA memiliki API berbasis URL untuk dapat mengirim pesan ke nomor tertentu secara otomatis, bahkan dapat menambahkan pre-fill text. Dari dokumentasinya, format nomor WA telah ditentukan. Jika salah maka akan menerima pesan error dan tidak akan dapat mengirim pesan.

Format WA yang dapat di-passing melalui URL ialah <kode negara><nomor HP tanpa spasi atau karakter lain>, contoh 6281234567890.

WhatsApp chrome extension
WhatsApp chrome extension

Dengan sedikit regex, nomor hasil copy-paste yang dimasukkan dapat di-filter sesuai format yang telah ditentukan oleh WA.

Mulai kirim WA ke nomor baru
Mulai kirim WA ke nomor baru

Ketika sampai pada halaman ini artinya kita telah dapat mengirim pesan WA kepada nomor baru yang belum tersimpan dalam daftar kontak kita.

Source: https://github.com/23Pstars/WhatsApp-Send

Tinggalkan Balasan