Coretan

SaldoPayPal.id – Rutinitas baru distribusi balance PayPal

SaldoPayPal.id
SaldoPayPal.id

Menjelang beberapa jam dipenghujung tahun 2017, saya menyempatkan diri untuk sedikit corat coret di blog yang sudah cukup lama tidak dikunjungi ini. Tulisan ini sekaligus bertujuan untuk memberi gambaran situasi pribadi saya (red: maintainer) dalam mengelola website SaldoPayPal.id.

Jual Saldo PayPal

Pertama-tama dimulai dari awal mula kenapa membuat website untuk jualan saldo PayPal.

Saat ini saya masih menjabat aktif sebagai staff IT di INDOTRAVELONLINE, perusahaan jasa wisata (travel) yang menawarkan beberapa pilihan paket wisata dan pemesanan tiket di Bali, Lombok, dan pulau-pulau Gili.

Role saya termasuk dalam mengelola finansial perusahaan, yakni bertanggung jawab untuk menyediakan fasilitas dan flow pembayaran yang terjadi. Saat ini platform pembayaran yang sering digunakan didominasi oleh PayPal. PayPal memiliki customer base dan trust yang cukup luas, tidak heran menjadi pilihan utama banyak buyer.

Namun ada sedikit kendala yang dialami oleh para merchant selama menggunakan platform PayPal, yakni currency rate yang relatif rendah. PayPal menerapkan rate yang lebih rendah dari rate umum yang ada di pasar global, sehingga nominal yang akan diterima (setelah dipotong charge fee PayPal) akan menjadi berkurang.

Layanan SaldoPayPal.id dibuat untuk mengatasi masalah currency rate yang rendah dari PayPal, yakni kami memilih mendistribusikan balance PayPal yang telah kami dapat dari transaksi penjualan jasa wisata untuk ditukar kedalam bentuk currency dalam negeri (IDR).

Proses pemesanan

Bagaimanapun saya seorang manusia biasa, bukan mesin yang dapat bekerja 24 jam dalam seminggu tanpa jeda. Dalam menangani pemesanan, saya melakukaannya dalam posisi mobile.

Notifikasi pemesanan
Notifikasi pemesanan

Perangkat mobile yang saat saya gunakan sejak dulu adalah iPhone 5s. Dengan bantuan Pushover, saya membuat setiap pemesanan yang terjadi di web SaldoPayPal.id menampilkan notifikasi di perangkat mobile saya. Sehingga saya dapat mengetahui lebih awal setiap pemesanan baru.

Kenapa tidak menggunakan aplikasi Mail di iOS?

Mail di iOS tidak mendukung push (real time) untuk akun selain iCloud, kebetulan saat ini SaldoPayPal.id menggunakan layanan email dari Google. Sehingga jika menggunakan aplikasi Mail di iOS, pilihan yang ada hanya fetch. Fetch di Mail memiliki interval update setiap 15 menit.

Kenapa konfirmasi pembayaran hanya melalui WhatsApp?

Jelas, agar saya dapat merespon setiap pemesanan dengan lebih cepat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saya mengelola SaldoPayPal.id secara mobile.

Bagaimana mengecek setiap konfirmasi pembayaran?

Untungnya sampai saat ini, semua rekening bank lokal yang saya miliki sudah tersedia aplikasi nativ-nya di App Store.

Dengan demikian saya dapat melakukan pengecekan secara langsung, lebih cepat, lebih mudah.

Bagaimana melakukan transfer balance PayPal?

Untungnya lagi, PayPal sudah menyediakan aplikasi native-nya di App Store (PayPal). Dengan sedikit melakukan switch app, data email dan nominal pemesanan yang ada di Pushover dapat di-copypaste langsung di aplikasi PayPal.

Apa setiap waktu selalu memeriksa HP?

Hhmm! Sebagai mahluk sosial, saya juga terkadang memiliki kegiatan yang tidak memungkinkan untuk mendapat akses ke perangkat mobile. Beberapa pemesanan tidak jarang sedikit terlambat untuk diproses, namun sejauh ini semua pelanggan yang terlambat direspon tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

%d