Coretan,  Inspirasi,  Programming

SMS Gateway Android Sebagai Alternatif Gammu

Media komunikasi SMS saat ini memang cenderung sepi pengguna, saya sendiri termasuk user yang sudah jarang sekali menggunakan fasilitasi SMS. Dengan banyaknya aplikasi chat online yang ditawarkan, dan tentunya free, membuat user lebih memilih untuk menggunakan aplikasi chat online tersebut sebagai alat komunikasi sehari-hari.

SMS
SMS

SMS Masih Dibutuhkan

Sudah menjadi hal umum jika berkomunikasi melalui aplikasi chat online memilihi banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan fasilitas SMS konvensional.

Satu-satunya kelebihan SMS yang saat ini masih dirasakan, yakni tidak memerlukan koneksi internet. Dengan begitu, coverage jenis perangkat yang dapat menggunakan fasilitas SMS bisa lebih luas.

Saat ini layanan SMS cenderung banyak digunakan sebagai notifikasi saja, bukan dalam hal komunikasi. Bank dan layanan-layanan besar di Indonesia masih sering menggunakan SMS untuk keperluan notifikasi.

Misalnya Bank untuk transaksi transfer atau receive, BPJS untuk notifikasi tagihan, dan lain sebagainya.

Beberapa perusahaan internet juga kerap memanfaatkan fasilitas SMS, misalnya untuk OTP atau konfirmasi untuk aktivitas akun lainnya.

SMS Dalam Sistem Otomatis

Sebagai perusahaan internet, di kantor kami merasa perlu untuk memanfaatkan fasilitas SMS khususnya untuk kebutuhan aktivasi akun.

Untuk layanan SMS sebetulnya sudah ada Gammu, namun sejauh pengalaman kami Gammu kadang tidak selalu bersahabat dengan konfigurasi antara modem dan sistem operasi.

Pertanyaannya sekarang adalah:

    Bagaimana menyediakan SDK untuk dapat berkirim ataupun menerima SMS hanya melalui request data?
    Bagaimana perangkat dapat mengirim SMS semudah fasilitas SMS pada smartphone?

Dari permasalahan tersebut, muncul ide untuk membuat aplikasi pendukung untuk mengirimkan SMS berbasis API dengan memanfaatkan smartphone yang sudah ada.

LRsoft API SMS Gateway

LRsoft API SMS Gateway
LRsoft API SMS Gateway

Ya, akhirnya kami membuat sebuah aplikasi Android (saat ini tersedia) untuk dapat memanfaatkan smartphone dalam mengirim SMS dimana data-data SMS dapat sync dengan data server (Inbox / Outbox / Sent).

Dengan aplikasi ini kami dapat kembali memanfaatkan fasilitas SMS sebagai alat untuk notifikasi maupun sistem registrasi. Arsitektur SMS Gateway cukup sederhana, dimana aplikasi hanya melakukan singkronisasi data dengan endpoint server yang telah disediakan.

Ketika ingin SMS cukup dengan push data ke API server, begitu juga sebaliknya ketika ada SMS yang masuk kedalam aplikasi dapat diakses langsung melalui API server.

Tinggalkan Balasan

%d