Coretan,  Inspirasi

Selamat ulang tahun ke-4, LRsoft

Seperti biasanya, setiap tahun saya selalu menuliskan ucapan ulang tahun pada si Doi. Lagi-lagi tidak terasa kalau ini sudah masuk tahun ke-empat. Secara pribadi saya merasa tahun ini merupakan tahun yang kurang produktif, iya secara pribadi.

Tahun ini adalah tahun terakhir (harapannya) saya menjalani rutinitas dengan status mahasiswa di UGM. Masih dalam rentang tahun ini, sebetulnya tidak ada aktivitas kampus yang terlalu membebani. Keseharian tetap saja duduk di depan laptop nggarap kerjaan kantor ataupun project pribadi.

Disisi lain, status sebagai kepala rumah tangga yang baru setahun terakhir ini saya rasakan juga cukup menuntut untuk berfikir keras bagaimana seharusnya membagi waktu untuk porsi pribadi dan porsi keluarga. Kadang merasa cukup bersalah kepada istri karena meskipun saya lebih banyak bekerja dari rumah, namun waktu bersama istri hanya pada waktu istirahat saja.

Masih dalam suasana setahun terkahir, aktivitas ke-startup-an saya rasa juga kualitasnya semakin menurun. Meskipun masing-masing tim telah dijejali fasilitas diskusi jarak jauh dengan berbagai macam fitur, namun tetap saja kurang efektif. Kurang inisiatif? Sepertinya begitu.

Untuk hal-hal baru, hampir setiap hari saya lakukan. Tentunya kita tidak ingin tertinggal, bahkan terlindas oleh laju perkembangan zaman. Khususnya bidang teknologi, hal-hal baru yang saya rasa cukup penting kedepannya pasti akan saya kejar. Meskipun kebiasaan (buruk) ini menghasilkan dampat yang cukup signifikan terhadap kualitas ke-startup-an.

Kalau bukan saya, siapa lagi?

Saya bukan orang yang cukup pandai dalam hal management, dunia saya adalah practical. Meskipun demikian saya selalu berusaha untuk menjadi sangat kritis sebelum mengambil suatu tindakan.

Quick review, selagi saya tidak di sekitaran kantor saya merasa peran mengambil keputusan secara halus mulai bergeser. Namun sayang sekali sebagian besar langkah yang diambil (tanpa sepengetahuan saya) justru berakhir kurang menyenangkan. Beberapa hal lainnya, saya yang harus take over untuk mencari solusi terbaiknya.

Keadaan saat ini membuat beberapa project kahirnya menjadi molor, untungnya tidak ada kontrak yang cukup menjerat. Namun profesionalitas yang harus menjadi korban.

Ini adalah tahun ke-empat LRsoft, masih sisa satu tahun lagi untuk menentukan sepak terjangmu di dunia ke-startup-an. Semoga tahun ini kita semua ditambahkan kekuatan untuk terus berjuang.

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

%d